dupavisitometer

trade exchange: nuclear for food


menurut laporan al-jazeera, perbincangan awal di antara world 'super power' the amerikah dan 'asian bad boy' korea utara telah bersetuju untuk trade nuclear dengan food aid. persetujuan korea utara untuk menghentikan program nuclear enrichmentnya yang ditimbal balik dengan bantuan makanan berjumlah 250,000 tan oleh amerika. dengan bonus, korea utara membenarkan pasukan penyiasat international melakukan pemeriksaan moratorium (apa ke jadahnya moratorium ini?) yang dijalankan.

baca sini

seperti yang dibincangkan oleh banyak pihak, ini adalah rare deal yang dicapai diantara korea utara dan amerikah. bagi makanan itu sudah pastilah menguntungkan korea utara, cuma apa yang amerikah dapat dengan program nuclear korea utara?

adakah amerikah ingin enhance lagi teknologi nuklearnya? jika ya, siapa pula yang hendak amerikah serang? dan siapa pula yang sangat kuat kondisi persenjataan nuclearnya sampai amerikah kena enhance lagi program nuclear sedia adanya?

adakah program persenjataan Iran sudah mencapai tahap dewa?

atau amerikah memang berhati murni untuk menghentikan kegilaan nuclear korea utara sebelum anak kim jong il ini turut gila nak bernuclear macam bapaknya? atau adakah ini grand designed penjajah tanah besar korea (dengan menggabungkan korea utara selatan) yang amerikah bercita-cita menjadi godfathernya, seterusnya menyeimbangkan kuasa infantri dan ekonomi China selaku taiko besar asia?

atau ini satu grand design world stability, dengan menenangkan asia dan menumpukan world unstability hanya pada middle east? atau the north korean have become stupid, jadi komunis murtad dan turn to capitalist?

apakah yang akan terjadi kalau tanah besar korea, utara dan selatan jadi free market?

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...